Seminar proposal ujian akhirku hancur

Setiap mahasiswa Teknik Sipil di Udayana wajib mengalami proses seminar proposal untuk menyelesaikan perkuliahannya. Saya sediri baru-baru ini mengalaminya, tepatnya hari Jumat tanggal 19 Nopember 2010 yang merupakan hari yang sangat sulit saya lalui, karena kurangnya kesiapan materi dan mental saya. Adapun tahapan yang saya lalui yaitu:

1. Proses Undangan Proposal

    • Hari Selasa jadwal proposal baru terbit yang di keluarkan oleh admin kampus (4 hari sebelum hari seminar).  Saya sungguh kaget karena begitu mendadak sekali, karena hari Rabunya tanggal merah dan saya harus mengundang 4 orang dosen. 3 dosen pembahas dan 1 dosen pembimbing/moderator. Proposal saya sendiri belum saya fotocopy menjadi 5 buah, 1 untuk saya sendiri. Surat undangan harus difotocopy juga menjadi 4 buah yang nantinya diselipan bersama fotocopy proposalnya.
    • Alamat rumah dan nomor telepon para dosen harus dicatat, yang tersedia di admin kampus.
    • Karena Rabu adalah tanggal merah, jadi saya telpon para dosen hari selasa malam, agar dibuat janji terlebih dahulu. Akhirnya para dosen dapat saya temui besoknya padahal tanggal merah, namun salah satu dosen pembahas saya berhalangan hadir dikarenakan beliau sakit, jadi saya hubungi admin untuk mencari tahu siapa yang harus saya hubungi sebagai dosen pengganti.
    • Hampir setengah hari saya menyebarkan undangan, dikarenakan ada janji siang hari dan sore harinya.

    2. Yang perlu diingat sebelum seminar proposal, menurut saya:

    • Fotocopy proposal, jauh-jauh hari seharusnya sudah dipersiapkan (bila sudah daftar proposal, fotocopy rangkap 5 sudah dibuat).
    • Power point, untuk presentasi digunakan powerpoint yang sudah dibuat sebelum daftar proposal, karena bila sudah daftar jadwal seminarnya bisa keluar mendadak.
    • Bila dosen pembahas sudah diketahui, ada baiknya memperlajari dan memprediksi pertanyaan yang akan keluar.
    • Persiapkan mental, saya sendiri kurangnya disini. Menurut saya salah satu faktornya kurangnya pemahaman materi yang akan disampaikan, bila paham dengan apa yang dibuat sedikit tidaknya bisa menjawab apa yang akan ditanyakan. Otomatis juga rasa percaya diri akan muncul.
    • Kelengkapan pakaian.
    • Konsumsi dan LCD. (diadmin kita tinggal bayar saja, sudah ada bagian yang mengurusnya)
    • Oya…ingat bawa spidol…yang namanya ujian jangan bermodal omongan saja…hehehhe…siapa tau nanti disuruh menggambarkan apa yang dipertanyakan oleh para dosen.

    hancurnya dimana??

    Sebenarnya kata hancur bukan kata yang tepat ya?? hanya saja karena emosi, kata tersebut keluar padahal seminar proposal sudah saya lalui, hanya saja menurut saya, hasilnya sangat kurang bagus. Grogi karena jarang ngomong didepan orang banyak, pengusaan materi yang kurang sehingga rasa percaya diri hilang.

    Revisi proposalnya sangat banyak, karena ada beberapa kalimat yang saya copy-paste diketahui para dosen pembahas, sungguh malu rasanya…

    Saya berharap untuk Ujian Akhir nanti bisa lebih baik dari proposalnya, ya…belajar dari pengalaman sebelumnya, apa yang dibuat, tiap per-kata harus dipahami.

     

    7 Responses to Seminar proposal ujian akhirku hancur

    1. Mario berkata:

      Smangat bro, kalo blom gagal, blom bisa berhasil. kalo dah gt, ujian TA pasti sukses! 🙂

    2. Indra berkata:

      Nyantai yang penting kita sudah melaluinya
      hasil baik maupun buruk bisa jadi pelajaran ntar
      untuk menghadapi ujian SIDANG TA…
      Bersama kita berjuang boss…

      • Guna W berkata:

        yang menjadi pertanyaan: apa bisa bulan januari bisa kelar??

        • Indra berkata:

          rage be wud bro…
          ube oraine maju ken ibuk ariani…
          skrang yg jadi pertanyaan bisa tidak wisuda februari…?

        • guna wirawan berkata:

          wah hebat dra…bisa secepat itu, kalau aku nggk bisa….soalnya bimbingan cuman hari sabtu saja..terus waktu ini sambut pas hari raya terus, kuningan, natal dan tahun baru….
          emang sedikit males juga ngerjainnya…yakin februari aku nggk bisa…
          Selamat dra, berarti tinggal ujian saja…

    3. fajarekofs berkata:

      makasih bang atas sarannx,…
      kurang seminggu lagi saya sidang TA…
      T_T

    Tinggalkan komentar