Asumsi balok anak jepit atau sendi ???

Melihat gambar orak-orek diatas, bila perletakan balok anak sendi, maka di sendi tersebut tidak terdapat momen negatif, yang ada hanya momen momen positip ditengah bentangnya. Hal tersebut menyebabkan tulangan yang terjadi dominan ada dibawah, tidak ada tulangan atas ( negatif ) namun ada persyaratan minimal harus ada 4 buah tulangan longitudinal (temasuk tulangan tumpuan dan tulangan lapangan) yang berguna untuk tempat tulangan gesernya.

Bila balok anak tersebut dianggap dengan perletakan jepit, maka terdapat 2 momen, positip dan negatif, yang menyebabkan ada tulangan tumpuan dan tulangan lapangan.

nah jadi mana yang akan kita pakai ??…
setelah dapat dapat penjelasan dari teman saya (bli made). “dalam perencannaan kita bole mengambill asumsi-asumsi yang berbeda dengan yang lain tapi kalau bisa asumsi tersebut paling tidak harus bisa dipenuhi/mendekati kenyataan dg struktur setelah berdiri dan jika ada yg menanyakan kita bisa menjelskan secara teori dan juga logika”

balok anak kalo diasumsikan sendi pemasangan tulangan tumpuan bisa dikaitkan biasa tapi kalo jepit diperhatikan panjang penyalurannya dan balok induk tempat menumpu harus mampu menahan rotasi balok anak, jadi tumpuan sendi lebih mendekati kenyataan dan lebih mudah dikerjakan dilapangan.

nah…begitu lho penjelasannya….semoga bermanfaat…

Satu Balasan ke Asumsi balok anak jepit atau sendi ???

  1. nia mengatakan:

    kalo balok induk bagusnya pakai apa ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: