Gambar cepat sket di Autocad

Saya adalah seorang teknik sipil yang baru belajar, hanya dasar-dasar saja yang saya ketahui, dan penerapan ilmunya belum bisa saya terapkan dikenyataan. Kadang saya disuruh untuk membuat sket denah oleh seseorang, karena saya bukan seorang arsitek saya jadi bingung. Ilmu Autocad saya hanya sedikit, cuma mengetahui beberapa perintah saja, tetapi itu sudah cukup bisa membuat sebuah gambar sket denah, namun gambar yang saya kerjakan kadang-kadang lama proses pembuatannya.

Bisanya langkah-langkah yang saya lakukan adalah terfokus hanya dalam pembuatan denah saja, setelah selesai denah barulah saya lanjut ke tampak, namun hal tersebut membuat banyak kesalahan penempatan kusen dan seni tampaknya sehingga sering bolak-balik mengedit denah karena di tampaknya kurang sesuai.

Maka, sekarang saya ubah langkah-langkah kerja saya. Pertama saya kerjakan denah, namun tidak terlalu fokus disana, yang saya buat hanya garis as saja. Misalkan rumah yang dibuat berlantai 2, maka yang saya buat cuma as dari kedua denah tersebut, kemudian saya lanjutkan ke tampak depan dan sampingnya. Bila denah sudah dirasa cocok (hanya as saja) barulah saya fokuskan di bagian tampaknya serta di denah atapnya. Dibagian tampak saya pasang kusen jendela, pintu, dan acesoris lainnya yang dapat memperlihatkan seni dari gambar tersebut, barulah denah yang hanya as tersebut menyesuaikan dari tampak yang sudah dibuat lengkap dengan asesorisnya. Alhasil saya menjadi lebih cepat menggambar, karena pengeditan menjadi lebih sedikit. Bila ada cara yang lebih mudah di share ya….semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar