Steger kayu

Uhh…lumayan capek hari ini, pagi-pagi sekali menu utama adalah batako…hehehe. Maksudnya belum makan pagi disuruh sama bos kirim batako, terus langsung disuruh kirim ke lokasi proyek. Di proyek iseng saya liat-liat, steger penyangga begesting nantinya untuk menahan cor lantai memakai kayu usuk 4×6 kayu bali. Maklumlah proyek lantai 2 sederhana, pemborongnya juga sederhana, tidak modern maksudnya… belom memakai steger besi yang sering disebut scafolding itu. Saya pikir mengapa nggak pakai bambu saya yang bentuknya bulat, lebih murah dan lebih kuat juga kan. Ternyata setelah saya tanya sama pemborongnya, katanya yang iya punya usuk kayu, keunggulannya yaitu bisa dipakai berkali-kali. terus potongannya bisa digunakan sebagai bekisting juga, kalau bambu sie oke juga tetapi klu uda terpotong nggk bisa digunakan lagi” katanya…


sebenarnya saya takut juga liat steger kayu usuk itu sebagai penopang lantainya. Jaraknya kira-kira 80 cm, saya pikir karena penampang berbentuk kotak, dengan ukuran 4×6, berarti ada sumbu lemahnya bukan?? bila ada beban lebih bisa-bisa usuknya melendut. Namun karena itu sudah dari pengalaman, dan sudah terbiasa memakai kayu dengan jarak yang ditentukan, sementara aman-aman saja (pemborong)

Saya lihat lagi bagian bawahnya, wah ternyata ada potongan usuk lagi dibawah steger diatas lantai..seperti ini gambarnya yang saya jepret :

Fungsi dari potongan usuk tersebut sebagai penopang beban dari steger, karena luas penampang lebih besar jadi lebih kuat. Ini dikarenakan pada bagian lantai masih berupa tanah urug dan diatasnya pasir. Bila sudah di aci maka hal tersebut tidak perlu dilakukan. Tetapi tetap harus waspada juga, bahwa daya dukung dibawahnya sudah cukup kuat untuk menahan beban begesting dan beton segar yang akan dicor serta beban orang diatasnya.

Tinggalkan Balasan

