Mengapa dipilih beton ??

Pertanyaan tersebut mungkin saja keluar nanti disaat saya ujian, jadi saya posting saja sekalian untuk berbagi dan saya juga belajar..

Beton banyak digunakan karena keberadaan bahan materialnya seperti pasir, kerikil dan semen yang cukup mudah didapatkan, tetapi nanti bisa saja material tersebut langka, karena setahu saya itu adalah bahan tambang hasil bumi yang suatu saat bisa habis.

Dari segi harga beton lebih murah daripada dengan material lainnya seperti baja, pengerjaanya pun relatif sederhana.

Beton kuat menerima gaya tekan, tetapi lemah terhadap gaya tarik, kuat tarik beton kurang lebih 9-15% dari kuat tekan beton.

bila saya singkat faktor-faktor mengapa memilih beton sebagai struktur yaitu

  1. Ekonomi
  2. Kecocokan material untuk fungsi arsitektur dan struktur
  3. Ketahanan terhadap api
  4. Kekakuan
  5. Perawatan yang rendah
  6. Keberadaan materialnya sendiri

namun, ada juga ahli struktur memilih material lain dikarenakan

  1. Kuat tarik beton rendah
  2. Pengerjaan memerlukan bekisting dan steger
  3. Kekuatan persatuan berat atau volume relative rendah
  4. Perubahan volume terhadap waktu

Tinggalkan Balasan

